Setiap pembangunan yang berdiri wajib memiliki surat izin lingkungan, salah satunya adalah hasil Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang kini dapat dilakukan dengan mudah karena ada jasa pengurusan izin AMDAL.
Dengan adanya AMDAL maka segala macam terkait kerusakan lingkungan dapat diminimalisir sedini mungkin bahkan dicegah sama sekali.
Lantas, sebenarnya apa itu AMDAL? Dan apa saja manfaat dari surat izin lingkungan tersebut?
Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda simak ulasan di bawah sampai akhir. Karena kami punya jawaban yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.
Pengertian dan Manfaat AMDAL
Buat orang-orang yang berkecimpung di bidang pembangunan wajib sekali untuk paham dan mengerti dengan istilah AMDAL.
Pengertian dari AMDAL ini sendiri juga sudah ada di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1986. Yang mana artinya adalah mengenai hasil studi terhadap dampak suatu kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup, yang diperlukan untuk proses pengambilan keputusan.
Dengan memberlakukan AMDAL, maka dapat terlihat aspek apa saja yang memiliki dampak positif dan negatif pada saat pembangunan atau proyek dilakukan di suatu wilayah tertentu.
Apabila dampak positif yang dihasilkan lebih banyak bila dibandingkan dengan dampak negatif, maka izin pelaksanaan proyek tersebut dapat diperoleh dengan mudah dan begitupun sebaliknya.
Pada saat pelaksanaan AMDAL, ada banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan, yang mana pada tiap aspek tersebut dapat diperkirakan efek dari pembangunan atau proyek yang akan dilakukan.
Berikut adalah beberapa aspek yang wajib dipertimbangkan pada saat pelaksanaan AMDAL, diantaranya:
- Fisik
- Kimia
- Biologi
- Sosial-ekonomi
- Sosial Budaya
- Kesehatan Masyarakat
Manfaat AMDAL untuk Setiap Lapisan
Bila Anda ingin pakai jasa pengurusan izin AMDAL maka akan muncul banyak manfaat untuk setiap lapisan yang ada di sekitar lingkungan pembangunan.
Seperti deretan manfaat AMDAL bagi pemerintah, pengusaha, dan juga masyarakat di bawah ini!
Pemerintah
- Pemerintah dapat melakukan pembangunan yang berkelanjutan, sesuai pada prinsip pemerintahan.
- Pemerintah dapat mencegah terjadinya pencemaran serta kerusakan lingkungan.
- Pemerintah dapat memastikan kalau pembangunan yang dilakukan sudah sesuai pada prinsip dan ketentuan pembangunan yang berkelanjutan.
- Pemerintah dapat bertanggung atas pengelolaan lingkungan hidup di negaranya.
Masyarakat
- Masyarakat dapat mengetahui dampak dari pembangunan di wilayahnya tersebut.
- Masyarakat dapat memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan tidak akan berefek buruk terhadap lingkungan tempat tinggalnya.
- Masyarakat dapat berpartisipasi dalam melakukan kontrol atas pembangunan tersebut, sekaligus berpartisipasi bagi pembangunan di wilayahnya.
Pada Pengusaha
- Pengusaha dapat memastikan keamanan serta jaminan lancarnya operasional pembangunan yang dilaksanakan.
- Pengusaha dapat mudah melakukan komunikasi dan interaksi dengan masyarakat sekitar, mengingat pembangunan yang dilakukannya tidak ada dampak negatif bagi lingkungan tempat tinggal masyarakat tersebut.
- Pengusaha dapat menjadikan pembangunannya tersebut sebagai acuan ketika akan melakukan pembangunan atau melaksanakan proyek di wilayah lain.
Dokumen untuk Pengurusan AMDAL
Supaya izin AMDAL dapat segera diperoleh maka ada beberapa dokumen sebagai pemenuhan persyaratan yang wajib disiapkan oleh pihak yang mengajukan perizinan tersebut. Semua rincian dokumen yang harus disiapkan tersebut sudah tersusun pada Kerangka Acuan Andal (KA-ANDAL).
Berikut adalah dokumen penting yang dibutuhkan untuk mengurus AMDAL, antara lain:
- Dokumen KA-ANDAL sesuai dengan PP LH No. 16 Tahun 2012
- Surat pengantar permohonan pembahasan dokumen KA-ANDAL
- Fotokopi sertifikat tanah
- Fotokopi Surat Izin Peruntukkan Tanah (SIPPT) dan Izin Pemanfaatan Ruang (IPR)
- Fotokopi Blok Plan atau Ketetapan Rencana Kota yang telah ditandatangani oleh pejabat berwenang
- Fotokopi rencana letak bangunan yang sudah ditandatangani oleh pejabat berwenang
- Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan (APP) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi perorangan
- Peta titik lokasi
- Gambar perspektif rencana bangunan
- Fotokopi Memorandum of Understanding (MOU) jika ada kerjasama yang dilakukan
- Kuesioner
- Informasi dewatering jika ada rencana pembangunan basement
- Foto kondisi existing lapangan pada 1 minggu terakhir. Pastikan foto tersebut disertai dengan tanggal
- Hasil analisis laboratorium yang sudah punya legalitas dan akreditas KAN
- Surat rekomendasi Peil Banjir dari Dinas Pekerjaan Umum
- Hasil Kajian Tata Air
- Surat rekomendasi hasil kajian lalu lintas dari Dinas Perhubungan
Peran dan Manfaat Jasa Pengurusan Izin AMDAL
Pelaksanaan AMDAL bersifat wajib bagi pembangunan yang memenuhi kriteria, bagi pemilik bangunan atau seseorang yang berkecimpung di bidang pembangunan.
Bila tidak ada izin AMDAL, maka pembangunan yang sedang atau akan dilaksanakan bisa dianggap ilegal alias tak mematuhi peraturan yang berlaku mengenai tata cara pembangunan. Bahkan pembangunan yang tidak memiliki izin AMDAL dapat berdampak negatif bagi lingkungan.
Bagi pihak atau orang yang tidak begitu paham dengan prosedur pengurusannya akan menganggap ribet dan sulit. Karena tidak tahu dokumen apa saja yang harus disiapkan.
Meski begitu bukan berarti pengurusan izin AMDAL disepelekan begitu saja dan tidak diurus sama sekali. Padahal sekarang ini sudah ada banyak jasa pengurusan izin AMDAL yang dapat mendampingi pihak yang membutuhkan perizinan tersebut.
Dengan adanya jasa pengurusan izin AMDAL maka segala urusan terkait dengan pengurusan izin AMDAL dapat lebih mudah dan efisien. Bahkan pihak yang membutuhkan izin AMDAL tak harus turun tangan secara langsung untuk mengurus izin AMDAL tersebut.
Anda hanya perlu menyiapkan dan memberikan dokumen yang dibutuhkan, kemudian percayakan segala hal terkait pengurusan izin AMDAL pada penyedia jasanya.
Manfaat Menggunakan Jasa Pengurusan Izin AMDAL
Bagi pihak yang melakukan pembangunan dan ingin mendapatkan izin AMDAL menganggap kehadiran jasa pengurusan AMDAL menjadi solusi yang tepat. Penyedia jasa ini akan mengurus segala hal terkait perizinan AMDAL mulai dari awal, sampai nanti izin AMDAL diterbitkan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh bila pakai jasa pengurusan izin AMDAL, antara lain:
Mengurus Izin AMDAL Tanpa Ribet
Untuk mengurus izin AMDAL diperlukan dokumen yang banyak dan tidak boleh tertinggal satupun. Bagi orang awam yang tidak paham dengan hal tersebut bisa jadi masalah yang lumayan sulit.
Agar proses pengurusan izin AMDAL dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada dokumen yang tertinggal maka Anda harus percayakan pada jasa pengurusan AMDAL. Yang mana sudah paham benar dengan segala macam dan seluk beluk pengurusan AMDAL ini.
Hadirnya jasa pengurusan izin AMDAL, dapat mengambil beban pengurusan perizinan AMDAL dari pelaku pembangunan, guna menyelesaikan pengurusan perizinan dengan sebaik mungkin.
Menghindari Pengeluaran Biaya Tak Terduga di Tengah Proses Pengurusan
Setiap jasa pengurusan izin AMDAL umumnya sudah mematok harga yang dibutuhkan untuk mengurus izin AMDAL di awal kerjasama. Harga atau tarif yang dipatok tersebut pastinya sudah disesuaikan dengan segala kondisi yang dimiliki oleh pihak yang menggunakan jasa mereka.
Artinya setiap pelaku pembangunan yang menggunakan jasa pengurusan izin AMDAL mereka hanya harus melakukan pembayaran di awal tersebut saja. Dan tidak akan ada biaya tak terduga yang muncul di pertengahan proses pengurusan izin AMDAL.
Intinya izin AMDAL wajib untuk dimiliki oleh setiap pelaku pembangunan, guna memastikan tidak akan ada dampak buruk yang ditimbulkan oleh pembangunan tersebut pada lingkungan di sekitarnya.
Supaya tidak ribet dengan segala macam hal dalam melakukan pengurusan izin AMDAL tersebut, maka Anda bisa menggunakan jasa pengurusan izin AMDAL yang sudah berpengalaman. Salah satunya dari LegalNow yang terpercaya dan terbaik di bidangnya.