About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Jasa Konsultan Hukum: Pengertian, Manfaat, Jenis Tarif, dan Tips Memilihnya

Jasa konsultasi hukum merupakan profesi yang masih asing bagi sebagian orang. Padahal, profesi ini dibutuhkan untuk membantu masalah hukum. 

Bagi Anda yang mungkin sedang mencari jasa konsultasi hukum, silahkan simak dulu ulasan di bawah ini.

Pengertian Konsultan Hukum

Jasa Konsultan Hukum: Pengertian, Manfaat, Jenis Tarif, dan Tips Memilihnya

Konsultan hukum adalah seseorang yang tugasnya memberikan pendapat atau nasihat hukum kepada klien agar dapat mengambil keputusan dan langkah hukum yang tepat.

Perbuatan hukum yang dimaksud di sini adalah perbuatan di luar hukum pengadilan (non litigasi). Konsultasi hukum dapat dilakukan secara tertulis atau tatap muka.

Para penyedia jasa konsultasi hukum tentunya bukan berasal dari sembarang orang. Biasanya orang yang bisa menjadi konsultan hukum adalah orang yang benar-benar memahami hukum.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Hukum

Selain memberikan nasihat hukum kepada klien swasta atau korporasi, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain jika menggunakan jasa konsultasi hukum. Berikut ini terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh. 

Lebih Tepat Dalam Menentukan Dasar Hukum 

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa lebih tepat dalam menentukan dasar hukum. Karena undang-undang dan peraturan hukum di suatu negara dapat berubah. 

Perubahan undang-undang dan peraturan hukum tentunya akan membuat masyarakat awam bingung dalam menentukan dasar hukumnya. Untuk itu diperlukan konsultan hukum agar membantu.

Lebih Efisien 

Dengan menggunakan jasa konsultan hukum, Anda juga tidak perlu ke mana-mana untuk menjalani tindakan hukum. 

Dalam hal ini, konsultan hukum akan membantu Anda dalam melakukan tindakan hukum, baik saat bertemu dengan pihak terkait maupun menunggu jadwal sidang. 

Lebih Hemat Pikiran dan Tenaga 

Menggunakan jasa konsultasi hukum akan lebih menghemat pikiran dan tenaga. Dengan demikian, kelalaian dalam menyiapkan tuntutan hukum atau dokumen penting dapat diminimalisir. 

Lebih Memahami Proses Hukum 

Menggunakan jasa konsultan juga membuat kliennya lebih paham dengan proses hukum yang harus dilakukan. Beberapa proses hukum yang akan Anda jalani nantinya antara lain pembuatan dokumen penting, menunggu jadwal sidang, bertemu pejabat dan lain sebagainya.

Jenis Biaya Konsultan Hukum

Saat memilih jasa konsultasi hukum, banyak orang yang masih bingung. Penyebabnya bisa karena masalah anggaran. 

Kali ini Anda tidak perlu khawatir karena biaya jasa konsultasi hukum tersedia dalam beberapa jenis, berikut ulasannya. 

Lump Sum 

Biaya konsultasi yang pertama adalah lump sum atau biaya borongan. Pada tarif ini, konsultan akan mengerjakan suatu kasus dari awal hingga akhir sesuai  kesepakatan bersama. 

Tarif Per Jam 

Lalu, tarif yang kedua adalah tarif per jam. Pada tipe ini, biaya yang harus dibayar dihitung berdasarkan jumlah jam pelayanan. 

Namun, untuk masalah jumlah tidak ada patokan khusus karena semuanya kembali kepada kesepakatan kedua belah pihak. 

Biaya Retainer 

Biaya konsultan hukum yang ketiga adalah biaya retainer. Retainer fee atau biaya klien tetap banyak digunakan oleh korporasi untuk mendapatkan layanan dalam waktu tertentu. 

Berapa lama layanan dan biaya yang dibayarkan juga sesuai dengan kesepakatan bersama antara klien dan penyedia jasa.

Contingent Fee

Jenis biaya jasa konsultasi selanjutnya adalah contingent fee. Tarif ini dapat digunakan untuk melindungi klien jika mereka kalah dalam persidangan saat menggunakan jasa konsultasi hukum.

Namun, besaran biaya yang harus Anda keluarkan bukanlah nominal, melainkan persentase aset yang disengketakan.

Tips Memilih Jasa Konsultasi Hukum

Mencari jasa konsultasi hukum memang membutuhkan waktu yang cukup lama, karena hal ini berkaitan dengan kepercayaan dan kesesuaian dengan permasalahan yang sedang dialami.

Untuk itu, dalam mencari jasa konsultan hukum yang tepat, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Berikut tips memilih konsultan hukum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cari Tahu Profil Jasa Tersebut

Sebelum melakukan konsultasi hukum, pastikan Anda memilih jasa konsultasi hukum dengan .rekam jejak yang baik

Anda harus cermat mendapatkan informasi tentang rekam jejak jasa konsultasi hukum tersebut, apakah penyedia jasa sudah legal atau belum, berpengalaman atau tidak.

Pahami Hukum yang Sedang Anda Hadapi

Sebelum memilih konsultan hukum, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu permasalahan hukum seperti apa yang sedang Anda hadapi. 

Dengan begitu, maka Anda bisa semakin mempersempit pencarian calon konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda saat ini.

Pilih Konsultan yang Kompeten

Setiap konsultan hukum memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Memilih konsultan hukum yang sesuai dengan kebutuhan sangat penting untuk diperhatikan. 

Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda berkonsultasi sehingga dapat menemukan solusi atas permasalahan hukum yang sedang Anda hadapi saat ini. 

Jadi, dalam memilih konsultan hukum, Anda harus berhati-hati agar bisa segera menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Pilih Konsultan Hukum Yang Berkualitas

Cara mengetahui bahwa seorang konsultan tersebut berkualitas atau tidak, caranya sangat mudah. Tanyakan padanya apakah penyedia jasa konsultasi hukum tersebut memiliki situs Web.

Karena situs Web melambangkan profesionalitas suatu bidang usaha. Jika ternyata memang memiliki, maka lihat penilaian klien yang sudah mereka tangani.

Pastikan Kesesuaian Tarif

Pastikan tarif yang diajukan oleh penyedia jasa sesuai dengan keuangan Anda. Karena pada dasarnya seorang konsultan hukum memiliki tarif berbeda sesuai performa dan kualitasnya.

Jika Anda memiliki keuangan yang cukup, maka disarankan untuk memilih jasa konsultasi hukum dengan tarif yang tinggi, karena dipastikan konsultan tersebut memiliki rekam jejak yang baik.

Jujur dan Berintegritas Tinggi 

Kejujuran merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam memilih jasa konsultan hukum. Pasalnya, Anda harus memberikan dari pribadi untuk memperkuat dokumen demi kepentingan hukum. 

Selain itu, ada juga beberapa oknum jasa konsultan hukum yang justru membelot dari tujuan utama klien kemudian beralih ke kepentingan lawan hukum. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari konsultan hukum yang jujur dan berintegritas agar tidak terjebak  dampak negatif dari konsultan yang tidak kompeten.

Berkomitmen Untuk Menyelesaikan Masalah 

Meskipun tidak semuanya, namun ada beberapa kasus yang menunjukkan konsultan hukum bermasalah terkait dengan komitmen. 

Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya kompetensi para penasehat hukum yang dipilih sehingga ketika menerima fee jasa dari klien mereka memutuskan untuk kabur.

Pastikan Tidak Melanggar Hukum

Jika pada saat Anda melakukan konsultasi hukum dengan konsultan yang anda pilih. Namun konsultan tersebut mengajukan ide untuk melanggar hukum, maka sebaiknya segera Anda tinggalkan.

Karena jenis konsultan semacam ini patut dipertanyakan kelegalitasan dan profesionalismenya. Bukannya malah Anda akan terselesaikan, malah akan menambah masalah baru nantinya.

Itulah penjelasan tentang jasa konsultasi hukum, baik itu secara pengertian, tarif, manfaat, dan juga tips memilihnya.

Jika saat ini Anda memiliki masalah tentang legalitas hukum, maka Legal Now bisa solusi yang tepat untuk Anda gunakan. Percayakan pengurusan legalitas hukum Anda kepada kami. [Artnet]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*