About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Pahami Pengertian dan Fungsi UPL UPL Sebelum Pakai Jasa Pengurusan UPL UKL

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun sebuah usaha maka penting sekali untuk memahami apa saja syarat dokumen yang dibutuhkan sebelum akhirnya pakai jasa pengurusan UPL UKL. 

Hal ini dilakukan tentu saja untuk memastikan usaha berjalan secara legal. UPL dan UKL sendiri menjadi contoh dokumen yang nantinya sangat dibutuhkan oleh semua pelaku usaha. 

Oleh sebab itu sebelum mengurus semua hal yang berkaitan dengan UPL UKL, sebaiknya Anda pahami dulu pengertiannya serta fungsinya. Sebelum akhirnya Anda putuskan pakai jasa pengurusan UPL-UKL tersebut. 

Pengertian dan Fungsi UPL UKL

Apa yang dimaksud dengan UPL UKL, berikut akan kami jelaskan secara keseluruhan. Yuk, simak sampai akhir! 

Apa itu UPL UKL

Jasa pengurusan UPL UKL

Pengertian dari UPL UKL sebenarnya sudah tercantum secara jelas di dalam PP No.27 Th.2012 tentang izin lingkungan. UPL-UKL itu sendiri adalah kepanjangan dari kalimat Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup. 

Dimana UPL-UKL sendiri akan menjadi bukti legal yang memastikan kalau sebuah usaha dapat berjalan tanpa memberikan dampak buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

Oleh karena itu izin penyelenggaraan usaha bisa dikerjakan oleh jasa pengurusan UPL UPL agar dikeluarkan secara resmi. Dokumen ini menjadi salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh semua jenis usaha. Terutama bila tipe usaha yang Anda jalani tidak membutuhkan dokumen analisis dampak lingkungan atau AMDAL. 

Dengan begitu dapat Anda ketahuilah kalau UPL-UKL merupakan jenis dokumen yang wajib dimiliki oleh badan usaha yang berdampak kecil terhadap lingkungan. Skala pengendaliannya terbilang kecil atau tidak rumit sehingga tidak membutuhkan AMDAL. Bahkan dibandingkan AMDAL proses dari pengajuan yang diurus oleh jasa pengurusan UPL UKL jauh lebih sederhana.

Pengurusan UPL UKL ini difokuskan agar lebih memenuhi syarat teknis dengan begitu dapat memenuhi standar pengelolaan lingkungan hidup yang berlaku. 

Bahkan wajib untuk diketahui kalau jenis dokumen ini tidak hanya dibutuhkan oleh usaha baru. Tetapi usaha lama yang sudah berjalan juga tetap harus mengajukan dokumen tersebut bila memang belum memilikinya. 

UPL-UKL pun tetap berlaku selama usaha yang bersangkutan mampu memenuhi syarat yang diantaranya:

  • Tidak berpindah lokasi
  • Tidak mengganti proses produksi
  • Tidak mengganti jenis bahan baku yang digunakan. 

Buat Anda yang mengajukan UPL-UKL di jasa pengurusan UPL UKL harus segera menjalankan usahanya karena dokumen ini akan habis dalam kurun waktu 3 tahun sejak dikeluarkan. 

Beruntungnya karena ada jasa pengurusan UPL UKL dari LegalNow yang siap membantu Anda agar bisa segera memiliki dokumen yang dimaksud. 

Bahkan banyak pihak menyebutkan kalau penawaran jasa seperti ini sangat direkomendasikan bila Anda tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk mengurus dokumen sendiri. Tapi dengan catatan Anda tetap aktif selama proses mengurus UPL-UKL tersebut. 

Fungsi UPL UKL

Jasa pengurusan UPL UKL

Setiap dokumen yang dipakai untuk mendirikan usaha tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Jadi sebelum Anda ingin pakai jasa pengurusan UPL UKL sebaiknya pahami dulu fungsi dari dokumen ini. 

Berikut beberapa fungsi utama dari pembuatan UPL-UKL:

Memahami Kondisi Lingkungan

Sangat penting bagi pelaku usaha yang ingin memulai sebuah usaha untuk memperhatikan dan memahami lingkungan tersebut. Karena di dalam dokumen UPL-UKL ini akan menjelaskan ruang lingkup sampai kondisi lingkungan secara menyeluruh. Dimana kondisi lingkungan nantinya tercatat secara jelas lewat dokumen UPL-UKL dengan begitu pelaku usaha dapat memahaminya dengan baik.

Dengan adanya UPL-UKL ini Anda dapat mempertimbangkan lebih lanjut apakah lingkungan memang layak dijadikan sebagai tempat usaha atau sebaliknya. Selanjutnya akan menjadi pertimbangan bagi pihak lain untuk memastikan kalau usaha tersebut cocok dilakukan di lingkungan tadi. 

Meningkatkan Dampak Positif bagi Lingkungan

Dengan adanya dokumen UPL-UKL ini dapat dilakukan analisis agar lingkungan yang ada di sekitar tempat usaha tadi mampu menerima dampak positif. Dan kegiatan usaha juga bisa dioptimalkan lagi dengan begitu lingkungan sekitar akan menerima manfaat atau nilai positif dari penyelenggaraan usaha tersebut.

Ditambah lagi hal tersebut juga efektif guna menekan dampak negatif yang diberikan oleh usaha tersebut terhadap lingkungan. Dengan kata lain Anda jadi bisa lebih hati-hati lagi dalam mengelola usahanya. Bahkan langkah yang Anda ambil bisa dipertimbangkan lebih matang agar bisa memberi nilai positif bagi lingkungan. 

Merencanakan Langkah Penanggulangan Dampak Buruk

Bahkan tidak dipungkiri lagi kalau dalam sebuah pelaksanaan usaha di lingkungan tertentu pastinya ada dampak buruk yang ada di belakangnya. 

Walaupun usaha dibangun dalam skala kecil, tapi tetap saja ada dampak negatif yang muncul. Dokumen UPL-UKL inilah yang berperan sebagai acuan untuk membantu merencanakan langkah penanggulangan dampak negatif tersebut. 

Memantau Lingkungan

Dokumen UPL UKL juga memiliki fungsi sebagai alat untuk memantau lingkungan. Karena Anda juga harus tahu kalau kegiatan pelaku usaha di sebuah wilayah harus diawasi agar tidak memberikan dampak buruk yang terlalu besar bagi lingkungan tersebut. 

Dokumen tersebut juga akan membantu pihak yang berwenang untuk melakukan pemantauan atas kegiatan usaha dan memastikannya berjalan sesuai aturan secara menyeluruh. Dengan kata lain tindakan tersebut membantu dalam proses pengendalian pencemaran lingkungan yang terjadi akibat pelaksanaan sebuah usaha. 

Melengkapi Persyaratan Usaha

Dokumen UPL-UKL juga memiliki sebagai pelengkap dari persyaratan usaha. Karena kita juga tahu kalau dalam membangun sebuah usaha harus ada beberapa syarat yang dipenuhi. 

UPL-UKL inilah yang akan menjadi pelengkap syarat tersebut dengan begitu usaha bisa berjalan dengan lancar. Itulah sebabnya dokumen ini menjadi alasan yang sangat penting, karena memang harus segera diurus di jasa pengurusan UPL UKL agar usaha dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan

Syarat ini juga yang menjadi penghubung antara pelaku usaha dengan pemerintah. Pemerintah wilayah tersebut juga akan mengetahui kalau usaha yang Anda jalankan layak dan tidak memberi dampak negatif bagi lingkungan. 

Tidak hanya kepada pemerintah, dokumen ini juga jadi pelengkap syarat kepada lingkungan. Dokumen ini bisa menjadi jaminan kepada masyarakat di lingkungan sekitar kalau usaha tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan mereka. 

Semua kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar dapat berjalan dengan lancar. Dokumen ini juga bisa meyakinkan masyarakat agar menyetujui pembangunan usaha tersebut.

Menjadi Antisipasi Konflik

Anda juga harus tahu kalau pembangunan usaha di dalam suatu wilayah bisa saja memicu konflik. Konflik tersebut bisa saja terjadi karena dipicu oleh masyarakat yang tinggal di sana. Apabila sewaktu-waktu masyarakat menolak dengan rencana Anda untuk membangun usaha di lingkungan mereka. Maka Anda cukup ditunjukkan dokumen UPL-UKL tadi yang akan menjadi bukti kalau usaha tersebut tidak akan merusak lingkungan dan masyarakat.

Konflik tersebut juga bisa saja akan dibawa ke pihak yang berwenang, dan dokumen UPL-UKL inilah yang akan menjadi bukti analisis bagi pihak berwenang. Sehingga  konflik pun dapat diselesaikan dengan mudah karena sudah ada bukti tertulis. Yang mana sudah ada pernyataan kalau usaha tersebut tidak memberi dampak negatif yang besar bagi lingkungan. 

Itu dia pengertian dan fungsi dari UPL UKL yang harus Anda pahami sebelum pakai jasa pengurusan UPL UKL dari LegalNow. Semoga ulasan yang sudah kami sampaikan bisa jadi referensi yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*